Silahkan Daftarkan Akun Anda terlebih dahulu
Assalamualaikum,
Sebelum Anda menggunakan platform Duha Syariah ini, pastikan Anda telah membaca dengan baik seluruh Syarat dan Ketentuan ini serta memahami seluruh isinya. Jika Anda tidak memahaminya, silahkan menghubungi kami melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-30265454. Syarat dan Ketentuan ini berisikan aturan, pedoman, tata cara, dan persyaratan yang berkaitan dengan layanan pembiayaan yang diberikan oleh platform ini.
1. Definisi
2. Persetujuan
Dengan menggunakan platform ini maka Pengguna menyatakan telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta bersedia untuk mengikat diri pada perjanjian/akad atau kesepakatan bersama lainnya.
3. Layanan Pembiayaan Duha Syariah
Platform Duha Syariah menyediakan pembiayaan kepada Pegawai, Wirausahawan, dan Perusahaan yang membutuhkan pembiayaan untuk membeli barang/jasa dan usaha produktif. Pembelian barang/jasa dilakukan secara online melalui e-commerce/market place/toko online yang berkerja sama dengan Penyelenggara. Pembiayaan usaha produktif diberikan untuk kegiatan usaha online dan offline.
4. Persyaratan Bagi Pengguna
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pengguna adalah melengkapi semua data dengan benar dan memberikan dokumen dengan lengkap sebagaimana yang ditentukan saat registrasi, kemudian telah disetujui permohonannya.
5. Tanggung Jawab dan Hak Penyelenggara
Penyelenggara bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data Pengguna.
Setiap permohonan Pengguna akan diverifikasi dan dianalisa oleh Penyelenggara secara hati-hati, selektif, dan memperhatikan kelayakan pembiayaannya.
Penyelenggara berhak menggunakan, mengumpulkan, mengolah data, dan informasi pribadi Pengguna dengan persetujuan Pengguna untuk kepentingan layanan yang digunakan dalam platform ini sepanjang tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Penyelenggara membutuhkan waktu paling cepat 2 hari kerja untuk memverifikasi dan menganalisa data Pemohon.
Penyelenggara menyediakan Layanan Pengaduan bagi Pengguna untuk menyampaikan aduannya terkait layanan yang diberikan. Penyelenggara akan menyampaikan prosedur penyelesaian dan penagihan kepada Pemberi Dana dan Penerima Dana dalam hal terjadi wanprestasi Pendanaan yang dilakukan oleh Penerima Dana.
6. Tanggung Jawab dan Hak Pengguna
Pengguna bertanggung jawab atas segala data dan informasi yang diberikan. Pengguna juga wajib menandatangani dan menyerahkan kembali dokumen akad/perjanjian secara elektronik melalui sistem yang sudah disiapkan oleh Penyelenggara. Pengembalian dokumen akad/perjanjian harus dilakukan paling lambat 1x24 jam. Apabila Pengguna tidak mengembalikan dokumen akad/perjanjian, maka pengajuan pembiayaan tersebut akan dibatalkan.
Pengguna berhak menggunakan layanan di dalam platform ini untuk tujuan sebagaimana yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna berhak untuk memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya terkait layanan di dalam platform ini. Pengguna juga berhak mengajukan pengaduan atau keberatan kepada Penyelenggara sesuai mekanisme yang ditetapkan.
Pengguna harus memahami transaksi dan isi akad/perjanjian dalam melakukan transaksi, termasuk batas atas fasilitas Pendanaan disesuaikan dengan kemampuan Pengguna dalam melakukan transaksi dan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.
Seluruh risiko yang terkait dengan kegiatan pendanaan, termasuk namun tidak terbatas pada risiko gagal bayar, kerugian finansial, dan risiko lainnya, sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pemberi Dana. Pemberi Dana memahami dan menerima bahwa penyelenggara hanya bertindak sebagai fasilitator dalam mempertemukan Pemberi Dana dan Penerima Dana, serta tidak memberikan jaminan atau perlindungan atas risiko tersebut.
7. Tanda Tangan Elektronik Untuk Akad/Perjanjian
Akad/perjanjian antara Pengguna dengan Penyelenggara ditandatangani secara elektronik yang memiliki kekuatan hukum, baik hak maupun kewajiban yang timbul atas akad/perjanjian tersebut. Penyelenggara bekerja sama dengan penyelenggara layanan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi dan diakui oleh regulator. Penyelenggara layanan tanda tangan elektronik menyediakan akun bagi Pengguna untuk menandatangani dokumen akad/perjanjian secara elektronik.
8. Kebijakan Privasi Pengguna
Penyelenggara berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data Pengguna. Penyelenggara tidak akan menggunakan atau mengumpulkan data dan informasi Pengguna tanpa persetujuan Pengguna. Penyelenggara juga tidak akan menjual atau mengalihkan data dan informasi Pengguna kepada pihak lain tanpa persetujuan Pengguna. Penyelenggara hanya mengakses kamera, lokasi, dan mikrofon pada gawai milik Pengguna.
9. Persetujuan Pembiayaan
Persetujuan terhadap pengajuan pembiayaan yang diajukan oleh Calon Penerima Dana akan memperhatikan hasil verifikasi, kelengkapan dokumen, analisis terhadap kemampuan untuk membayar kewajiban, dan credit scoring yang diterapkan Penyelenggara.
10. Layanan Pengaduan Pengguna
Layanan Pengaduan disediakan kepada Pengguna untuk mengajukan keluhan/keberatan/ketidakpuasan dan memberikan saran/kritik. Pengaduan dapat disampaikan dengan menghubungi Customer Service melalui telepon nomor 021-30265454 atau email ke cs@duhasyariah.com. Penyelenggara tidak mengenakan biaya apa pun kepada Pengguna atas pelayanan pengaduan. Penyelenggara berkomitmen untuk selalu mengupayakan penyelesaian pengaduan secara adil dan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.
11. Barang dan Jasa
Apabila Penerima Dana menerima barang/jasa yang tidak sesuai dengan pesanannya, mohon menghubungi Penyelenggara melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-30265454.
12. Jaminan Keabsahan Data dan Informasi Pengguna
Pengguna menjamin kebenaran dan keaslian seluruh informasi dan dokumen yang disampaikan melalui platform penyelenggara. Informasi dan dokumen yang diberikan adalah benar, asli, sah, akurat, terkini, lengkap, tidak menyesatkan, tidak dimanipulasi, dan tidak mengandung unsur penipuan. Atas setiap pemalsuan dokumen atau tindak pidana lain yang dilakukan oleh Pengguna, Penyelenggara dapat melakukan upaya hukum termasuk memproses tindakan yang dimaksud kepada pihak yang berwenang.
13. Perpajakan
Penyelenggara adalah lembaga keuangan yang tunduk pada ketentuan Perpajakan yang berlaku sehingga Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Penyelenggara dapat melaporkan data pribadi Pengguna sesuai ketentuan Perpajakan jika diperlukan. Pengguna mengetahui dan mengerti bahwa manfaat yang diterima dalam layanan ini berpotensi terkena pajak. Untuk itu Pengguna dengan kesadarannya akan membayar pajak secara mandiri, atau bersedia dipotong pajak sesuai ketentuan Perpajakan yang berlaku.
14. Pernyataan Penyelenggara
Penyelenggara tidak menjanjikan dan menjamin mengenai suatu hasil apapun yang diperoleh melalui layanan penggunaan platform ini. Penyelenggara juga tidak menghimpun dan mengelola dana masyarakat. Segala keputusan yang diambil oleh Pengguna dalam menggunakan layanan dalam platform ini adalah keputusan dan tanggung jawab Pengguna sendiri. Seluruh risiko Pendanaan yang timbul ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Penyelenggara tunduk dan patuh terhadap ketentuan dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan, Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, serta peraturan lain yang terkait.
15. Pembaharuan Data dan Informasi Pengguna
Penyelenggara akan meminta Pengguna untuk melakukan pengkinian informasi dan dokumen minimal setahun sekali. Pengkinian informasi dan dokumen Pengguna antara lain alamat, pekerjaan, penghasilan, laporan keuangan, mutasi rekening koran, pengurus perusahaan dan lainnya yang dianggap perlu oleh penyelenggara.
16. Ganti Rugi
Pengguna membebaskan Penyelenggara dari segala tuntutan atau kerugian yang disebabkan oleh pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh Penyelenggara. Penyelenggara bertanggung jawab dalam hal terjadi kelalaian atau kesalahan yang disebabkan oleh Penyelenggara dan menimbulkan kerugian bagi Pemberi Dana.
17. Pelanggaran
Segala bentuk penggunaan platfom dan layanan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini maka dinyatakan tidak sah dan merupakan pelanggaran sehingga Penyelenggara berhak untuk tidak menyediakan layanan atau memberhentikan layanan dalam platform ini. Pengguna juga tidak dapat memanfaatkan platform maupun layanan untuk keperluan-keperluan yang bertentangan dengan hukum. Pengguna juga menyatakan dan menjamin tidak akan melakukan segala cara tanpa seijin Penyelenggara yang berpotensi dan/atau dapat merusak platform dan merugikan Penyelenggara.
18. Hukum yang Berlaku
Syarat dan Ketentuan ini serta ketentuan lain yang ditetapkan oleh Penyelenggara, diatur dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Pengguna sepakat bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dikemudian hari terkait dengan penggunaan layanan dalam platform ini maka akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi Pengadilan sesuai wilayah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
19. Perubahan Syarat dan Ketentuan
Penyelenggara berhak untuk merubah Syarat dan Ketentuan serta memperbahurui konten dalam aplikasi dan situs atas dasar kebijakannya sendiri. Penyelenggara akan memberitahu melalui platform ini jika terdapat perubahan Syarat dan Ketentuan. Penyelanggara mewajibkan Pengguna untuk membaca dan memahami setiap perubahan tersebut. Pengguna yang tetap menggunakan platform ini, maka dianggap telah mengetahui dan menyetujui perubahan tersebut.
20. Hubungi kami
Komunikasi antara Penyelenggara dengan Pengguna dapat dilakukan melalui email cs@duhasyariah.com dan/atau telepon ke 021-30265454.