Silahkan Daftarkan Akun Anda terlebih dahulu
Assalamualaikum,
Sebelum Anda menggunakan platform Duha Syariah ini, pastikan Anda telah membaca dengan baik seluruh Syarat dan Ketentuan ini serta memahami seluruh isinya. Jika Anda tidak memahaminya, silahkan menghubungi kami melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-30265454. Syarat dan Ketentuan ini berisikan aturan, pedoman, tata cara, dan persyaratan yang berkaitan dengan layanan pembiayaan yang diberikan oleh platform ini.
1. Definisi
2. Persetujuan
Dengan menggunakan platform ini maka Pengguna menyatakan telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini serta bersedia untuk mengikat diri pada perjanjian/akad atau kesepakatan bersama lainnya.
3. Layanan Pembiayaan Duha Syariah
Platform Duha Syariah menyediakan pembiayaan kepada Pegawai, Wirausahawan, dan Perusahaan yang membutuhkan pembiayaan untuk membeli barang/jasa dan usaha produktif. Pembelian barang/jasa dilakukan secara online melalui e-commerce/market place/toko online yang berkerja sama dengan Penyelenggara. Pembiayaan usaha produktif diberikan untuk kegiatan usaha online dan offline.
4. Persyaratan Bagi Pengguna
Persyaratan yang harus dipenuhi oleh Pengguna adalah melengkapi semua data dengan benar dan memberikan dokumen dengan lengkap sebagaimana yang ditentukan saat registrasi, kemudian telah disetujui permohonannya.
5. Tanggung Jawab dan Hak Penyelenggara
Penyelenggara bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data Pengguna.
Setiap permohonan Pemberi Pembiayaan dan Penerima Pembiayaan akan diverifikasi dan dianalisa oleh Penyelenggara secara hati-hati, selektif, dan memperhatikan kelayakan pembiayaannya.
Penyelenggara berhak menggunakan, mengumpulkan, mengolah data, dan informasi pribadi Pengguna dengan persetujuan Pengguna untuk kepentingan layanan yang digunakan dalam platform ini sepanjang tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Penyelenggara membutuhkan waktu paling lambat 2 hari kerja untuk memverifikasi dan menganalisa data Pemohon.
Penyelenggara menyediakan Layanan Pengaduan bagi Pengguna untuk menyampaikan aduannya terkait layanan yang diberikan.
6. Tanggung Jawab dan Hak Pengguna
Pengguna bertanggung jawab atas segala data dan informasi yang diberikan. Pengguna juga wajib menandatangani dan menyerahkan kembali dokumen akad/perjanjian secara elektronik melalui sistem yang sudah disiapkan oleh Penyelenggara. Pengembalian dokumen akad/perjanjian harus dilakukan paling lambat 1x24 jam. Apabila Pengguna tidak mengembalikan dokumen akad/perjanjian, maka pengajuan pembiayaan tersebut akan dibatalkan.
Pengguna berhak menggunakan layanan di dalam platform ini untuk tujuan sebagaimana yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna berhak untuk memperoleh informasi yang sejelas-jelasnya terkait layanan di dalam platform ini. Pengguna juga berhak mengajukan pengaduan atau keberatan kepada Penyelenggara sesuai mekanisme yang ditetapkan.
7. Tanda Tangan Elektronik Untuk Akad/Perjanjian
Akad/perjanjian antara Pengguna dengan Penyelenggara ditandatangani secara elektronik yang memiliki kekuatan hukum, baik hak maupun kewajiban yang timbul atas akad/perjanjian tersebut. Penyelenggara bekerja sama dengan penyelenggara layanan tanda tangan elektronik yang tersertifikasi dan diakui oleh regulator. Penyelenggara layanan tanda tangan elektronik menyediakan akun bagi Pengguna untuk menandatangani dokumen akad/perjanjian secara elektronik.
8. Kebijakan Privasi Pengguna
Penyelenggara berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data Pengguna. Penyelenggara tidak akan menggunakan atau mengumpulkan data dan informasi Pengguna tanpa persetujuan Pengguna. Penyelenggara juga tidak akan menjual atau mengalihkan data dan informasi Pengguna kepada pihak lain tanpa persetujuan Pengguna. Akses data Pengguna dilakukan melalui mekanisme Camera (Foto), Microphone, dan Location.
9. Persetujuan Pembiayaan
Persetujuan terhadap pengajuan pembiayaan yang diajukan oleh Calon Penerima Pembiayaan akan memperhatikan hasil verifikasi, kelengkapan dokumen, dan credit scoring yang diterapkan Penyelenggara.
10. Layanan Pengaduan Pengguna
Layanan Pengaduan disediakan kepada Pengguna untuk mengajukan keluhan/keberatan/ketidakpuasan dan memberikan saran/kritik. Pengaduan dapat disampaikan melalui email, telepon, atau datang ke kantor Penyelenggara. Penyelenggara berkomitmen untuk selalu mengupayakan penyelesaian pengaduan secara adil dan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.
11. Barang dan Jasa
Apabila Penerima Pembiayaan menerima barang/jasa yang tidak sesuai dengan pesanannya, mohon menghubungi kami melalui email di cs@duhasyariah.com atau telepon ke 021-30265454.
12. Jaminan Keabsahan Data dan Informasi Pengguna
Pengguna menjamin kebenaran dan keabsahan data dan informasi yang diberikan melalui platform. Data dan informasi yang diberikan adalah benar, asli, sah, akurat, terkini, lengkap, tidak menyesatkan, tidak dimanipulasi, dan tidak mengandung unsur penipuan. Pengguna bersedia bertanggung jawab secara hukum apabila didapati melakukan penipuan terhadap data dan informasi yang diberikan.
13. Perpajakan
Penyelenggara adalah lembaga keuangan yang tunduk pada ketentuan Perpajakan yang berlaku sehingga Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Penyelenggara dapat melaporkan data pribadi Pengguna sesuai ketentuan Perpajakan jika diperlukan. Pengguna mengetahui dan mengerti bahwa manfaat yang diterima dalam layanan ini berpotensi terkena pajak. Untuk itu Pengguna dengan kesadarannya akan membayar pajak secara mandiri, atau bersedia dipotong pajak sesuai ketentuan Perpajakan yang berlaku.
14. Pernyataan Penyelenggara
Penyelenggara tidak menjanjikan dan menjamin mengenai suatu hasil apapun yang diperoleh melalui layanan penggunaan platform ini. Penyelenggara juga tidak menghimpun dan mengelola dana masyarakat. Segala keputusan yang diambil oleh Pengguna dalam menggunakan layanan dalam platform ini adalah keputusan dan tanggung jawab Pengguna sendiri. Penyelenggara tunduk dan patuh terhadap ketentuan dan peraturan Otoritas Jasa Keuangan, Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia, serta peraturan lain yang terkait.
15. Pembaharuan Data dan Informasi Pengguna
Penyelenggara akan meminta Pengguna untuk melakukan pengkinian data dan informasi Pengguna dalam setahun sekali. Pengkinian data dan informasi Pengguna antara lain data penghasilan, alamat tempat bekerja/berusaha, dan alamat tempat tinggal.
16. Ganti Rugi
Pengguna membebaskan Penyelenggara dari segala tuntutan atau kerugian yang disebabkan oleh pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh Penyelenggara. Penyelenggara wajib bertanggung jawab atas kerugian Pengguna yang timbul akibat kesalahan dan/atau kelalaian Penyelenggara.
17. Pelanggaran
Segala bentuk penggunaan platfom dan layanan yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini maka dinyatakan tidak sah dan merupakan pelanggaran sehingga Penyelenggara berhak untuk tidak menyediakan layanan atau memberhentikan layanan dalam platform ini. Pengguna juga tidak dapat memanfaatkan platform maupun layanan untuk keperluan-keperluan yang bertentangan dengan hukum. Pengguna juga menyatakan dan menjamin tidak akan melakukan segala cara tanpa seijin Penyelenggara yang berpotensi dan/atau dapat merusak platform dan merugikan Penyelenggara.
18. Hukum yang Berlaku
Syarat dan Ketentuan ini serta ketentuan lain yang ditetapkan oleh Penyelenggara, diatur dan dibuat sesuai dengan hukum Republik Indonesia. Pengguna sepakat bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dikemudian hari terkait dengan penggunaan layanan dalam platform ini maka akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Republik Indonesia.
19. Perubahan Syarat dan Ketentuan
Penyelenggara berhak untuk merubah Syarat dan Ketentuan serta memperbahurui konten dalam aplikasi dan situs atas dasar kebijakannya sendiri. Penyelenggara akan memberitahu melalui platform ini jika terdapat perubahan Syarat dan Ketentuan. Penyelanggara mewajibkan Pengguna untuk membaca dan memahami setiap perubahan tersebut. Pengguna yang tetap menggunakan platform ini, maka dianggap telah mengetahui dan menyetujui perubahan tersebut.
20. Hubungi kami
Komunikasi antara Penyelenggara dengan Pengguna dapat dilakukan melalui email cs@duhasyariah.com dan/atau telepon ke 021-30265454.